7 Fitur Mobil yang Jarang Digunakan

Tidak jarang kita mengetahui bahwa produsen sebuah produk pasti akan berusaha membuat produsiknya sesempurna mungkin agar lebih menarik konsumen untuk membeli produknya tersebut.

Misalnya, beberapa diantaranya produsen mobil yang ingin menambah fitur mobilnya agar lebih canggih dan menarik konsumennya agar tertarik dengan begitu mobil akan terlihat lebih bagus dan keren pastinya.

Dengan demikian, tentunya pasti ada beberapa fitur yang konsumen manfaatkan dan juga sda fitur yang konsumen belum bisa gunakan. Misalnya, ada beberapa fitur canggih pada mobil yang dinilai sangat membantu pengendara, seperti rem (Anti-lock Breaking System) ABS, fog lamp, AC double blower, hingga power outlet.

Akan tetapi juga ada juga fitur yang dirasa kurang berguna karena jarang digunakan, berikut beberapa fitur yang jarang konsumen gunakan.

Cruise Control

Fitur canggih ini sesungguhnya sangat membantu pengemudi ketika dia ingin mengistirahatkan kakinya sejenak.

Pasalnya, fitur ini bisa membuat laju kendaraan konstan tanpa perlu menekan pedal gas, cukup mengendalikan kemudi saja. Namun melihat kondisi jalan di Indonesia yang padat, membuat para pengemudi tidak ingin menggunakannya.

Child Lock

Fitur ini akan mengamankan anak anda saat di sedang bepergian dan mereka iseng membuka pintu mobil, karena pada fitur ini dapat membuat pintu mobil tidak bisa dibuka dari dalam mobil dan hanya bisa dibuka dari luar.

Akan tetapi, biasanya mayoritas orang yang lupa mematikan fitur ini saat berkendara tanpa anak-anak sehingga terasa merepotkan dan letak tombolnya tersembunyi. Kemudian, beberapa orang memilih untuk tidak menggunakan fitur ini.

Isofix

Beberapa pemilik mobil tidak mengetahui fungsi dari fitur ini. Isofix merupakan standar untuk keselamatan balita ketika berada di dalam mobil.

Fitur ini seperti tempat untuk mengaitkan kursi bayi pada baris kedua. Tetapi pada realita penggunaannya, fitur ini jarang sekali dipakai karena kebanyakan orang lebih memilih untuk menggendong atau mendudukan balita langsung di kursi penumpang.

Selt beat

Seat belt yang jarang dipakai bukanlah seat belt yang ada di depan, tetapi seat belt yang ada di baris ke dua atau tiga.

Banyak penumpang mobil yang merasa bahwa seat belt hanya perlu digunakan oleh penumpang depan saja. Padahal sebenarnya, semua penumpang tetap harus menggunakannya demi keselamatannya masing-masing.

Paddle Shift

Paddle shift merupakan fitur yang memudahkan pengguna mobil mengganti gigi dengan cepat tanpa harus memindahkan tangan dari kemudi setir.

Untuk mobil seperti, Ferrari atau Lamborghini yang sedang berkendara di sirkuit, mungkin fitur ini bisa dipakai. Tetapi, ketika berkendara di jalanan Ibu Kota yang jarang lowong, fitur ini dinilai kurang bermanfaat.

Sunroof

Sunroof merupakan jendela kaca dibagian atap mobil, biasanya fitur ini disematkan pada mobil-mobil premium untuk menambah kesan mewah.

Padahal fitur ini tidak terlalu berguna di Indonesia yang merupakan negara tropis, karena akan membuat ruang di dalam mobil lebih menjadi panas.

Terlebih lagi jika, mengingat polisi udara di Ibukota, pemilik mobil tidak segan-segan agar menutup rapat sunroof mobilnya. Jadi, fitur ini kurang bermanfaat dan berguna bagi pengendara mobil yang ada di Indonesia.

Mode sport

Mode sport adalah salah satu fitur kekinian yang ditawarkan oleh pabrikan mobil ke line up mobil tertentu untuk mendapat akselerasi yang lebih sigap atau responsif.

Mengemudi dengan mode sport memang dapat menjadikan kendaraan melaju lebih kencang, namun konsekuensinya jadi lebih boros bahan bakar.

Kebanyakan orang akan memilih eco mode atau mode ekonomis saat mengemudi, karena keiritan bahan bakar minyak (BBM) akan lebih diprioritaskan. Apalagi jalanan yang ada di Indonesia padat, akan sulit bagi pengendara jika menggunakan mode sport.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *